Konsep Objek
- Pemrograman Berbasis Objek atau Object
Oriented Programming yang disingkat OOP adalah
paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua
data dan fungsi di dalam paradigma ini ada di dalam kelas-kelas atau
objek-objek.
- Class adalah
penggambaran dari sebuah objek, sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan
oleh objek tersebut. Contoh : class hewan, buah-buahan, bangunan, dll.
- Objek adalah
bentuk nyata dari sebuah class yang dapat dilihat, dipegang, dan dirasakan.Contoh : class hewan maka objeknya kucing, anjing,
gajah, dll.
- Property atau
disebut juga dengan atribut adalah data yang terdapat dalam sebuah class.Contoh : objek laptop maka property
nya adalah merk, warna, ukuran layar, dll.
- Method adalah suatu
operasi berupa fungsi yang dapat dikerjakan atau sesuatu yang dapat dilakukan
oleh sebuah objek.Contoh : class laptop maka
method nya adalah menghidupkan laptop, mematikan
laptop, mengganti cover laptop, dll.
- Instance adalah sebuah object yang dibuat
oleh sebuah class Instantiation adalah pembuatan instance.
- Instantiation adalah proses pembuatan obyek
spesifik yang merupakan anggota atau instan dari class.
- State adalah variabel-variabel yang
dideklarasikan dalam class.
Contoh : manusia memiliki state nama, umur, dll.
Contoh Program Class BlueJ
public class perabot{
int jumlah;
String warna;
void meja(){
}
void kursi(){
}
void lemari(){
}
}
Contoh
Program Sederhana Pada BlueJ
class Kalkulator
{
public static void main(String[] args){
float a,b,tambah,kali,bagi,kurang;
a = Float.parseFloat(args[0]);
b = Float.parseFloat(args[1]);
tambah=a+b;
kali=a*b;
bagi=a/b;
kurang=a-b;
System.out.println("hasil tambah : "+tambah);
System.out.println("hasil kali : "+kali);
System.out.println("hasil bagi : "+bagi);
System.out.println("hasil kurang : "+kurang);
}
}
Komentar
Posting Komentar