PBO

Konsep Objek

  • Pemrograman Berbasis Objek atau Object Oriented Programming yang disingkat OOP adalah paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini ada di dalam kelas-kelas atau objek-objek.
  • Class adalah penggambaran dari sebuah objek, sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut. Contoh : class hewan, buah-buahan, bangunan, dll.
  • Objek adalah bentuk nyata dari sebuah class yang dapat dilihat, dipegang, dan dirasakan.Contoh : class hewan maka objeknya kucing, anjing, gajah, dll.
  • Property atau disebut juga dengan atribut adalah data yang terdapat dalam sebuah class.Contoh : objek laptop maka property nya adalah merk, warna,  ukuran layar, dll.
  • Method adalah suatu operasi berupa fungsi yang dapat dikerjakan atau sesuatu yang dapat dilakukan oleh sebuah objek.Contoh : class laptop maka method nya adalah menghidupkan laptop, mematikan laptop, mengganti cover laptop, dll.
  • Instance adalah sebuah object yang dibuat oleh sebuah class Instantiation adalah pembuatan instance.
  • Instantiation adalah proses pembuatan obyek spesifik yang merupakan anggota atau instan dari class.
  • State adalah variabel-variabel yang dideklarasikan dalam class.
    Contoh : manusia memiliki state nama, umur, dll. 

Contoh Program Class BlueJ

public class perabot{
   int jumlah;
   String warna;

   void meja(){
   }
   
   void kursi(){
   }
   
   void lemari(){
   }
} 

Contoh Program Sederhana Pada BlueJ

class Kalkulator
{
public static void main(String[] args){
        float a,b,tambah,kali,bagi,kurang;
           
        a = Float.parseFloat(args[0]);
        b = Float.parseFloat(args[1]);
       
        tambah=a+b;
        kali=a*b;
        bagi=a/b;
        kurang=a-b;
       
        System.out.println("hasil tambah : "+tambah);
        System.out.println("hasil kali   : "+kali);
        System.out.println("hasil bagi   : "+bagi);
        System.out.println("hasil kurang : "+kurang);
        }
}

Komentar

Postingan Populer