PBO - Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar (2 Dimensi)
Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar (2 Dimensi)
Tujuannya
adalah untuk menyempurnakan pembahasan materi tentang cara menentukan LUAS
BANGUN DATAR atau bangun dua dimensi.
Dua dimensi
dimaksud dalam pengertian paling mendasar adalah dimensi panjang (p) dan
dimensi lebar (l). Walaupun dalam kelanjutannya tidak hanya terpaku pada
panjang dan lebar, namun ada beberapa istilah seperti sisi (s), ini
biasa digunakan untuk mengukur Luas persegi, dan pada saatnya nanti ketika
harus mengukur Luas lingkaran, akan ditemukan variable yang bernama radius
(r), dan konstanta phi (π), yang mempunyai nilai 3,14 atau 22/7. Juga akan ada dimensi yang disebut
diagonal (d), bila kita akan mengukur Luas Belah ketupat dan layang layang,
bahkan ada istilah tinggi (t) yang sebenarnya diartikan sebagai lebar, ketika
kita menghitung Luas Jajar Genjang, Trapesium dan Segi Tiga.
Berikut adalah
beberapa source code dalam java yang digunakan untuk menghitung luas dan
keliling bangun datar (2 dimensi) :
1. Persegi
1. Persegi
Paste your text here.
/**
* Write a description of class Persegi here.
*
* @author (your name)
* @version (a version number or a date)
*/
import java.util.*;
public class Persegi
{
public static void main(String[] args)
{
Scanner input = new Scanner(System.in);
double s, luas, keliling;
System.out.println("\n\nProgram Luas Persegi\n");
System.out.print("Masukkan Panjang Sisi :");
s = input.nextDouble();
luas = s*s;
keliling = 4*s;
System.out.print("Luas Persegi = " + (int) luas + "\nKeliling Persegi = " + (int) keliling);
}
}
Output : 2. Segitiga
/**
* Write a description of class Segitiga here.
*
* @author (your name)
* @version (a version number or a date)
*/
import java.util.*;
public class Segitiga
{
public static void main(String[] args)
{
Scanner input = new Scanner(System.in);
double a, b, c, t, luas, keliling;
System.out.println("\n\nProgram Luas Segitiga\n");
System.out.print("Masukkan Sisi a(alas) :");
a = input.nextDouble();
System.out.print("Masukkan Sisi b :");
b = input.nextDouble();
System.out.print("Masukkan Sisi c :");
c = input.nextDouble();
System.out.print("Masukkan t(tinggi) :");
t = input.nextDouble();
luas = 0.5*a*t;
keliling = a+b+c;
System.out.print("Luas Segitiga = " + (int) luas + "\nKeliling Segitiga = " + (int) keliling);
}
}
Output :3. Lingkaran
/**
* Write a description of class Lingkaran here.
*
* @author (your name)
* @version (a version number or a date)
*/
import java.util.*;
public class Lingkaran
{
public static void main(String[] args)
{
Scanner input = new Scanner(System.in);
double phi = 3.14;
double r, luas, keliling;
System.out.println("\n\nProgram Luas Lingkaran\n");
System.out.print("Masukkan Panjang Jari-jari :");
r = input.nextDouble();
luas = phi*r*r;
keliling = 2*phi*r;
System.out.print("Luas Lingkaran = " + (int) luas + "\nKeliling Lingkaran = " + (int) keliling);
}
}
Output :4. Layang-layang
/**
* Write a description of class Layang_layang here.
*
* @author (your name)
* @version (a version number or a date)
*/
import java.util.*;
public class Layang_layang
{
public static void main(String[] args)
{
Scanner input = new Scanner(System.in);
double a, b, d1, d2, luas, keliling;
System.out.println("\n\nProgram Luas Layang-layang\n");
System.out.print("Masukkan Sisi a :");
a = input.nextDouble();
System.out.print("Masukkan Sisi b :");
b = input.nextDouble();
System.out.print("Masukkan Sisi d1(diagonal 1) :");
d1 = input.nextDouble();
System.out.print("Masukkan Sisi d2(diagonal 2) :");
d2 = input.nextDouble();
luas = 0.5*d1*d2;
keliling = 2*(a+b);
System.out.print("Luas Layang-layang = " + (int) luas + "\nLayang-layang = " + (int) keliling);
}
}
Output :
Solusi antrian dengan sistem antrian komputer dan android menggunakan tombol dan touchscreen seperti di BANK, PUSKESMAS, RUMAH SAKIT, PELAYANAN PAJAK,TOKO,dan lain"
BalasHapussistemantrian.com
klik> sistem antrian
Klik> mesin antrian
Klik> mesin antrian android
Klik> sistem antrian android
Klik> mesin antrian jakarta
Klik> mesin antrian touchscreen
Klik> sistem antrian touchscreen