PBO - Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar (2 Dimensi)


Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar (2 Dimensi)

Tujuannya adalah untuk menyempurnakan pembahasan materi tentang cara menentukan LUAS BANGUN DATAR atau bangun dua dimensi.

Dua dimensi dimaksud dalam pengertian paling mendasar adalah dimensi panjang (p) dan dimensi lebar (l). Walaupun dalam kelanjutannya tidak hanya terpaku pada panjang dan lebar, namun ada beberapa istilah seperti sisi (s), ini biasa digunakan untuk mengukur Luas persegi, dan pada saatnya nanti ketika harus mengukur Luas lingkaran, akan ditemukan variable yang bernama radius (r),  dan konstanta phi (π), yang mempunyai nilai 3,14 atau 22/7. Juga akan ada dimensi yang disebut diagonal (d), bila kita akan mengukur Luas Belah ketupat dan layang layang, bahkan ada istilah tinggi (t) yang sebenarnya diartikan sebagai lebar, ketika kita menghitung Luas Jajar Genjang, Trapesium dan Segi Tiga.

Berikut adalah beberapa source code dalam java yang digunakan untuk menghitung luas dan keliling bangun datar (2 dimensi) :  
1. Persegi
Paste your text here.
/**
 * Write a description of class Persegi here.
 * 
 * @author (your name) 
 * @version (a version number or a date)
 */
import java.util.*;

public class Persegi
{
   public static void main(String[] args)
    {
        Scanner input = new Scanner(System.in);

        double s, luas, keliling;

        System.out.println("\n\nProgram Luas Persegi\n");
        System.out.print("Masukkan Panjang Sisi :");
        s = input.nextDouble();

        luas = s*s;
        keliling = 4*s;

        System.out.print("Luas Persegi = " + (int) luas + "\nKeliling Persegi = " + (int) keliling);
    }
}
Output :



        

2. Segitiga



/**
 * Write a description of class Segitiga here.
 * 
 * @author (your name) 
 * @version (a version number or a date)
 */
import java.util.*;

public class Segitiga
{
      public static void main(String[] args)
    {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        
        double a, b, c, t, luas, keliling;

        System.out.println("\n\nProgram Luas Segitiga\n");
        System.out.print("Masukkan Sisi a(alas) :");
        a = input.nextDouble();
        System.out.print("Masukkan Sisi b :");
        b = input.nextDouble();
        System.out.print("Masukkan Sisi c :");
        c = input.nextDouble();
        System.out.print("Masukkan t(tinggi) :");
        t = input.nextDouble();

        luas = 0.5*a*t;
        keliling = a+b+c;

        System.out.print("Luas Segitiga = " + (int) luas + "\nKeliling Segitiga = " + (int) keliling);
    }
}

Output :


3. Lingkaran

/**
 * Write a description of class Lingkaran here.
 * 
 * @author (your name) 
 * @version (a version number or a date)
 */

import java.util.*;

public class Lingkaran
{
    public static void main(String[] args)
    {
        Scanner input = new Scanner(System.in);

        double phi = 3.14;
        double r, luas, keliling;

        System.out.println("\n\nProgram Luas Lingkaran\n");
        System.out.print("Masukkan Panjang Jari-jari :");
        r = input.nextDouble();

        luas = phi*r*r;
        keliling = 2*phi*r;

        System.out.print("Luas Lingkaran = " + (int) luas + "\nKeliling Lingkaran = " + (int) keliling);
    }
}


Output :



4. Layang-layang




/**
 * Write a description of class Layang_layang here.
 * 
 * @author (your name) 
 * @version (a version number or a date)
 */
import java.util.*;

public class Layang_layang
{
      public static void main(String[] args)
    {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        
        double a, b, d1, d2, luas, keliling;

        System.out.println("\n\nProgram Luas Layang-layang\n");
        System.out.print("Masukkan Sisi a :");
        a = input.nextDouble();
        System.out.print("Masukkan Sisi b :");
        b = input.nextDouble();
        System.out.print("Masukkan Sisi d1(diagonal 1) :");
        d1 = input.nextDouble();
        System.out.print("Masukkan Sisi d2(diagonal 2) :");
        d2 = input.nextDouble();

        luas = 0.5*d1*d2;
        keliling = 2*(a+b);

        System.out.print("Luas Layang-layang = " + (int) luas + "\nLayang-layang = " + (int) keliling);
    }
}

Output :


Komentar

  1. Solusi antrian dengan sistem antrian komputer dan android menggunakan tombol dan touchscreen seperti di BANK, PUSKESMAS, RUMAH SAKIT, PELAYANAN PAJAK,TOKO,dan lain"
    sistemantrian.com
    klik> sistem antrian
    Klik> mesin antrian
    Klik> mesin antrian android
    Klik> sistem antrian android
    Klik> mesin antrian jakarta
    Klik> mesin antrian touchscreen
    Klik> sistem antrian touchscreen

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer